ShareThis

Selasa, 28 Agustus 2012

Cara Memutihkan Lutut dan Siku


Cara memutihkan Lutut dan siku banyak dicari untuk menjaga penampilan tetap cantik. Ada banyak alasan mengapa kulit bagian siku dan lutut kita cenderung tampak lebih gelap bila dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Namun, alasan yang paling sederhana adalah karena di bagian tersebut memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dibanding bagian tubuh lain. Makin banyak lapisan, berarti makin banyak melanin (pigmen kulit). Makin banyak melanin, berarti kulit juga akan tampak semakin gelap atau hitam.

Hal yang membuat kita 'kurang bahagia' adalah bila warna siku dan lutut kita benar-benar kontras dengan warna kulit. Hal ini tentu mengganggu penampilan. Beberapa cara berikut diklaim bisa membantu mencerahkan warna kulit pada bagian tersebut.

Cara yang paling sering digunakan adalah dengan menggosokkan potongan lemon di bagian kulit gelap tersebut. Namun,  cara ini hanya bertahan untuk sebentar saja.

Lutut dan siku kita memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit daripada bagian kulit lainnya, hal ini membuat kedua wilayah itu senantiasa dalam keadaan kering. Dan, kekeringan tersebut membuatnya jadi mudah rapuh.

Lagipula, lutut dan siku juga merupakan bagian yang sering mendapatkan tekanan lebih, misalnya saat kita berlutut atau bertopang dagu. Hal ini membuat kulit membentuk 'pertahanan diri' yang biasanya kita kenal dengan risa atau belulang atau kapalan.

Selain itu, kapalan pada siku dan lutut lebih sering terkena radiasi sinar matahari jika dibanding dengan bagian kapalan lainnya, misalnya tumit. Tentu saja, hal ini membuat tampilan kulit jadi lebih gelap. 

Jadi, hal pertama yang bisa dilakukan untuk mencerahkan bagian gelap tersebut adalah dengan mengurangi terbentuknya lapisan-lapisan pertahanan tersebut. Anda bisa mengaplikasikan pelembab pada kulit dan membiarkan bagian tersebut dalam keadaan fleksibel, sehingga kapalan yang terbentuk bakal tipis.

Anda bisa merendam siku dan lutut dalam air hangat yang diberi tetesan olive oil. Saat kulit menjadi lebih lembut, maka Anda bisa menggunakan batu apung atau sepon khusus (loofa) untuk menggosok dan menyingkirkan kapalan tersebut. Namun, tetaplah berhati-hati karena bagian tersebut rapuh dan mudah terluka.

Jika Anda merasa bahwa kapalan tersebut sudah mulai berkurang maka hentikan penggosokan. Lanjutkan dengan mengaplikasikan krim pencerah kulit (bisa yang mengandung lemon) untuk menyapu sisa melanin yang terdapat pada lapisan kulit.

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memberikan pelembab setiap mandi, sebelum tidur, maupun saat bangun di pagi hari. Pelembab menjaga agar area kulit rapuh dan tipis tersebut tetap dalam keadaan lentur.

Jadi, rendam, gosok, sapu melanin, dan aplikasikan pelembab, maka Anda akan mendapat lutut dan siku dalam keadaan yang lebih halus, lembut, dan cerah












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar